Barang siapa memuji Anda berlebihan, maka dia telah membohongi Anda

Senin, 25 Juli 2011

Hukum Coulomb



Standar Kompetensi:
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar:
3.1 Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pernahkah anda menyaksikan peristiwa dua benda non magnetik yang saling tarik-menarik? Jika belum, lakukanlah percobaan berikut:
Sobeklah selembar kertas menjadi potongan kecil-kecil (kurang lebih ukuran 1 cm x 1 cm). Kemudian gosokkanlah sebatang penggaris plastik ke rambut kering, dan dekatkan penggaris itu ke potongan kertas tadi. Apa yang terjadi? Potongan kertas kecil akan menempel ke penggaris plastik. Mengapa demikian?
Tarik menarik antara kertas dengan penggaris plastik terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik yang dimiliki kedua benda itu. Pada saat itu, kertas bermuatan listrik positif sedangkan penggaris plastik bermuatan listrik negatif.

Pada tahun 1786, Charles Coulomb dari Prancis mengadakan eksperimen untuk menyelidiki interaksi antara benda-benda yang bermuatan listrik. Hasil eksperimen itu kemudian dinyatakan ke dalam hukum Coulomb, yang berbunyi:
"besar gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan listrik yang terpisah pada jarak tertentu sebanding dengan besar muatan kedua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda."
Hukum Coulomb itu dirumuskan:









Jika muatan kedua benda sejenis, maka akan terjadi gaya tolak menolak. Jika muatan kedua benda berlawanan jenis, maka akan terjadi gaya tarik menarik.

Contoh Soal





















Tanda negatif (-) menunjukkan bahwa gaya coulomb yang timbul merupakan gaya tarik menarik.

LATIHAN SOAL

 

43 komentar:

  1. kalau soalnya kayak gini gimana
    dua muatan sejenis besarnya +3x10-6C dan +64x10-4C jika besar gaya coulom yang diambil ke dua muatan sebesar 27.000 N,berapa jarak kedua muatan?

    tolong d jawab ya ?

    BalasHapus
  2. Mbak Dini, berarti r = 8x10-2 m = 8 cm ....

    BalasHapus
  3. Ferista.... Kalau soalnya kayak gini gimana?
    Dua muatan sejenis besarnya +3x10-6C dan +16x10-4C jika besar gaya coulom yang diambil ke dua muatan sebesar 27.000 N,berapa jarak kedua muatan?

    BalasHapus
  4. saya coba mas r= 4x10pangkat -2 M tau = 4 cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.... 100 buat mas Arief...!!!!

      Hapus
  5. kalau soalnya seperti ini
    Dua buah benda masing masing -05C dan 0,4C jika jarak antara kedua muatan itu 5m maka besar gaya yang terjadi antara kedua benda tersebut adalah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas zaenal arifin jika jarak terlalu jauh secara teori bisa dihitung tapi apa masih ada medan muatannya disekitar muatan tersebut sehingga memungkinkan adanya gaya coulomb

      Hapus
    2. Ya betul, gaya coulomb masih bekerja jika muatan listriknya berada di dalam medan magnet. Medan magnet dihiung dengan rumus E = F/q....

      Hapus
  6. mas bro copy paste dong perangkat mengajarnya malas nich bikin nya

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Mbak Devi, bisa saja, tetapi tetap antar q1 dan q2 dan antara q2 dan q3, dan antara q1 dan q3, masing-masing dihitung...

      Hapus
  8. kaka mau tanya... ada soal gini
    Berapakah gaya tolak menolak benda yang muatan listriknya +60 stc sama +50 stc dan berjarak 7cm ??

    balas yah ka plis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Hana, stc itu satuan apa ya...???

      Hapus
    2. stc itu statcouloumb
      1stc= 1per3 x 10pangkat-9

      Hapus
    3. F = (k.q1.q2)/r²
      = (9 x 10pkt9 x 20 x 10pkt-9 x 50/3 x 10pkt-9)/(7x10pkt-2)²
      = 9000 x 10pkt-9 / 147 x 10pkt-4
      = 61,23 x 10pkt-5 N
      = 6,123 x 10 pkt-4 N

      Hapus
  9. materi bagus nech,,...,pada pembelajaran IPA khususnya tentang fisika..,,kita juga bisa buka di http://www.mudahfisika.com

    BalasHapus
  10. tugas nihhh
    q1=+10c
    q2=-8c
    jarak=2meter
    gayanya berapa?

    BalasHapus
  11. pak zaenal kalo soalnya kayak gini
    partikel bermuaatan 5nC berada di tengah-tengah antara Q1 = -9nC dan Q2 = -4nC yang berjarak 50 cm. hitung besar gaya pada partikel yang bermuatan 5nC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhisma, berarti gaya yang bekerja merupakan resultan antara gaya 5nC dan -9nC dengan 5nC dan -4nC, dengan arah berlawanan, sehingga resultannya adalah selisih dari dua gaya di atas.... begitu... semoga bermanfaat....

      Hapus
  12. pak zainal saya mau bertanya ,saya ada soal seperti begini:

    Berapakah gaya tolak coloumb yang ada diantara dua proton didalam sebuah inti besi, apabila kedua proton terpisah jauh 4,0 x 10pangkat-15 meter?

    mohon di jawab ya, langkah-langkah apa saja untuk menyelesaikannya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah2-nya sama dengan di atas... Proton khan muatannya 1,6x10-19 C, jadi q1=q2=1,6x10-9 C, r=4,0x10-15 m.. okey...????

      Hapus
  13. Pak zainal, saya mau bertanya, gimana kalau mencari gaya jika kedua muatan diperbesar, rumusnya atau jalan menemukannya gimana pak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zhoel... bunyi hukumnya ... gaya coulomb sebanding dengan besar muatan.... jadi jika muatan diperbesar, gaya juga akan bertambah besar.....

      Hapus
  14. pak...
    bs mint tlong share n pembuatan alat peraga sederhana di SMA ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, mas... kebetulan saya ngajar SMP, jadi nggak punya....

      Hapus
  15. kalo soalnya diket : F,k dan yang ditanya q1,q2 rumus.x jadi seperti apa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mestinya jarak diketahui, terus salah satu q1 atau q2 diketahui....

      Hapus
  16. kalo soalnya diketahui :q1,q2,k dan ditanya r , rumusnya bagai mana ?

    BalasHapus
  17. q1 = -3 x 9 pangkat -9 C
    r = 10 m
    F = 5,4 x 10 pangkat -10 N
    jika ditanya q2, apa rumusnya dan jawabannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. q2 = (F.r²)/k.q1
      = (5,4 x 10 pkt-10 x 10)/ (9 x 10pkt9 x -3 x 10 pkt-9)
      = 54 x 10 pkt-10 / -27
      = 2 x 10 pkt -10 C

      Hapus
  18. jika soal x gini .. !!
    gaya elektrostatis di antara 2 ion yg serupa yg di pisahkan pada jarak sebesar 5,0x10 pangkat -10m adalah 3,7x10 pangkat -9N.
    a) berapa muatan pada setiap ion ?
    b) berapa banyak elektronkah yg hilang dari setiap ion ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. q = akar dari ((5x10 pangkat -10 x 3,7 x 10 pangkat-9)/ 9 x 10 pangkat 9)
      = akar dari (2,05 x 10 pangkat-28)
      = 1,43 x 10 pangkat-14 C
      Kalau elektron yang hilang tidak dipelajari di sini,

      Hapus
  19. jika soal x gini .. !!
    dua muatan tetap +1,0 x 10 pangkat -6 C & -3,0 x 10 pangkat -6 C berjarak 10 cm terhadap satu sama lain .
    a) dimanakah dapat diletakan sebuah muatan yang ketuga supaya tidak ada gaya yang bekerja pada muatan ketiga tersebut ?
    b) apakah kesimbangan muatan ketiga ini stabil atau tidak stabil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar muatan ketiga berapa? Jika besar muatan ketiga diketahui, maka jarak muatan tsb ke muatan 1 dan 2 dpt diketahui.

      Hapus