Apakah Petir Itu Listrik?

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Namun Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut:
·         Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
·         Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Bersama dengan magneisme (siafat kemagnetan pada benda), listrik dapat membentuk interaksi fundamental



yang dikenal sebagai elekromagnetisme.

Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas, seperti petir, medan listrik, dan arus listrik.
Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrikyang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan.

Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara.
Petir sering terjadi pada saat musim hujan,karena pada musim hujan awan memiliki kandunga air yang besar. Hal ini menyebabkan perbedaan potensial di atomsfer yang menyebabakan munculnya petir.









Perhatikan video berikut!


Komentar

  1. ایدهکاو تنها کاوشگر رسانه های اجتماعی در ایران.هدف ما بازاریابی با داده‌های ارزشمندی است که روزانه در شبکه‌های اجتماعی تولید می‌شود.
    ما در ایده‌کاو می‌خواهیم از این داده‌ها برای توسعه کسب و کارهای استفاده کنیم.
    درسامانه بازاریابی ایدهکاو خدمات: خرید ممبرتلگرام - خرید ممبر واقعی تلگرام -بانک شماره موبایل -بانک اطلاعات مشاغل- بانک اطلاعات موبایل- خرید ممبر برای واتساپ - تبلیغات گسترده در واتساپ - تبلیغات در واتساپ - واتساپ مارکتینگ ارائه می شود

    BalasHapus



  2. فروشگاه اینترنتی یزدبوک این امکان را برای شما فراهم کرده است که در هر کجای ایران که هستید، به صورت آنلاین کتاب خریداری کنید. خدمات ارسال رایگان کتاب درب منزل حتی یک کتاب، برگزاری جشنواره های متعدد تخفیف کتاب، بسته بندی صحیح و مطمئن کتاب ها و ارسال کد رهگیری از اصلی ترین ویژگی های متمایزکننده کتابفروشی اینترنتی است.
    یزدبوک بانک جامع کتاب های منتشر شده توسط ناشران در ایران است. چه کتاب بزرگسال و چه کتاب کودک. کتاب‌های موجود در کتاب علاوه بر به‌روزرسانی دائمی، برای راحتی مخاطبان و پژوهشگران در زمینه‌ها و مداخلات مختلف دسته‌بندی می‌شوند تا مخاطبان بتوانند به راحتی کتاب‌ها را با توجه به علاقه و حوزه پژوهشی خود پیدا کنند.
    حتی اگر کتاب مورد نظر خود را پیدا نکردید، فقط با پشتیبانی آنلاین سایت، نام کتاب را اعلام کنید.
    https://www.yazdbook.com/

    در فروشگاه اینترنتی یزدبوک انواع کتاب‌های معروف و قدیمی تا کتاب‌های جدید و خواندنی، از معروف‌ترین نویسندگان تا نویسندگان تازه‌کار، برای فروش اینترنتی موجود است. مثل کتاب رستاخیز مردگان، راز، دو قرن سکوت، شاه نعمت‌الله ولی، هرگز نگو هرگز، کوری و کتاب‌های نویسندگانی مثل صادق هدایت و جرج اورول که بسیار پرطرفدار هستند را می‌توانید در چاپ‌های مختلف خریداری کنید. عادت کتاب‌ خواندن را از کودکی به کودکانتان آموزش دهید تا در آینده نتیجه ثمربخش آن را مشاهده کنید. از یزدبوک می‌توانید کتاب چاپی و غیر چاپی را با قیمت ارزان خریداری کنید و در مناسبت‌های مختلف از تخفیف‌های کتاب نیز استفاده کنید.

    BalasHapus

Posting Komentar