Yang Beda di Malam Tahun Baru 2010


Tahun 2010 baru saja kita masuki dan tahun 2009 baru saja kita tinggalkan. Banyak dari kita yang melewatkan malam tahun baru ini dengan membuat suatu acara yang tentunya berbeda dengan malam-malam yang biasa kita lewati. Ada yang meniup trompet, menyalakan kembang api, pesta ini-itu, begadang, dan lainnya.
Namun ada yang terasa beda pada malam tahun baru ini. Informasi dari teman-teman di dunia maya beberapa hari sebelum akhir 2009 dan dari BMKG di layar tv pada tanggal 31 Desember malam akan adanya gerhana bulan sebagian di malam tanggal 1 Januari 2010, sempat mengusik saya. Saya pikir dari pada malam tahun baru ini saya lewatkan dengan cara-cara yang banyak dilakukan orang, lebih baik malam ini saya lewatkan dengan menyaksikan peristiwa alam yang meski sering terjadi namun jarang kita saksikan itu.
Alat-alat seadanya saya siapkan, sebuah kamera Fuji Fine Fix A-900, beberapa batere untuk persiapan, dan tentunya nyamikan sebagai teman menunggu saat itu. Menurut informasi, gerhana akan terjadi sekitar 1 jam dan puncaknya terjadi pada pukul 02.37. Tak lupa saya berdoa, semoga malam ini tidak mendung, apalagi hujan, dan alhamdulillaah, sepanjang malam itu tidak hujan, meski sesekali awan menutupi cahaya sang bulan.
Pukul 00.45, saya tak sabar untuk sekedar memastikan apakah peristiwa itu sudah terjadi. Ternyata bulaan purnama malam itu masih utuh, bulat, lalu saya abadikan beberapa kali dengan kamera. Pukul 01.40 saya keluar rumah lagi, dan ternyata bayangan bumi sudah ’menggelapi’ sebagian kecil bagian bulan, saya abadikan beberapa kali. Sekitar pukul 02.00, saya keluar rumah lagi, dan saya agak kecewa, karena awan cukup tebal menutupi bulan yang sebetulnya saat itu gerhana sudah nampak jelas. Saya berpikir, akankah mendung itu akan sampai pagi menutupi bulan? Namun saya tekadkan untuk menunggu barang 30 menit lagi. Dan benar, pukul 02.21 ternyata awan sudah tersibak, dan gerhana bulan nampak jelas sekali, tidak lupa saya abadikan beberapa kali, kemudian pukul 02.27 dan terakhir pukul 02.32.
Subhanallah, maha suci engkau ya Allah yang telah mengatur alam semesta ini begitu rapinya. Setelah itu saya sempatkan untuk shalat gerhana. Dan setelah itu tidur. Selamat datang tahun 2010.

Komentar

  1. Sama, saya juga menyaksikan peristiwa itu, alhamdulillaah langit cerah....

    BalasHapus

Posting Komentar