Barang siapa memuji Anda berlebihan, maka dia telah membohongi Anda

Selasa, 30 November 2010

GERAK


Gerak didefinisikan sebagai perubahan tempat atau kedudukan baik hanya sekali maupun berkali-kali. Di dunia sains, gerak memiliki nilai besaran skalar dan vektor. Kombinasi dari kedua besaran tersebut dapat menjadi besaran baru yang disebut kecepatan dan percepatan. Gerakan pada sebuah benda umumnya dipengaruhi oleh dua jenis energi, yakni Energi Potensial dan Energi kinetik. Contoh benda bergerak adalah kereta api yang meninggalkan stasiun.

Berdasarkan lintasannya, secara umum gerak ada 3 macam, yaitu (1) gerak lurus, (2) gerak melingkar, dan (3) gerak parabola.

Gerak Lurus
Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk garis lurus. Berdasarkan perubahan kecepatannya, gerak lurus ada dua macam, yaitu (1) gerak lurus beraturan (GLB), dan (2) gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.




dengan arti dan satuan dalam SI:
• s = jarak tempuh (m)
• v = kecepatan (m/s)
• t = waktu (s)

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik.











dengan arti dan satuan dalam SI:
• v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
• a = percepatan (m/s2)
• t = waktu (s)
• s = Jarak tempuh/perpindahan (m)

Gerak Melingkar
Gerak Melingkar adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Agar suatu benda dapat bergerak melingkar ia membutuhkan adanya gaya yang selalu membelokkan-nya menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya sentripetal. Suatu gerak melingkar beraturan dapat dikatakan sebagai suatu gerak dipercepat beraturan, mengingat perlu adanya suatu percepatan yang besarnya tetap dengan arah yang berubah, yang selalu mengubah arah gerak benda agar menempuh lintasan berbentuk lingkaran.

Gerak Parabola
Gerak parabola adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk parabola. Contoh gerak parabola adalah gerak peluru yang ditembakkan membentuk sudut (sudut elevasi), gerak bola yang ditendang melambung, dsb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar